2 Fitnah yang menyebabkan hati mati


Manusia tidak pernah terlepas dengan urusan yang namanya hati. hati adalah hal yang paling mempengaruhi seluruh tingkahlaku kehidupan manusia selain otak (disini hati yang dimaksud bukan hati dalam arti medis). namun ternyata banyak orang-orang yang mengabaikan hatinya, tidak tahu bahwa hati mereka sakit atau masih sehat. bagi seorang muslim hati menjadi sangatlah penting baginya karena  untuk menjadi pribadi muslim yang diinginkan oleh Allah SWT hati adalah hal yang utama. jika hati telah sakit atau mati maka biasanya manusia akan jauh dari Allah SWT dan paling parahnya akan bertindak dalam setiap kehidupan seperti  binatang. untuk itu kita harus mengetahui 2 fitnah yang menyebabkan hati mati.

1. Fitnah  Syubhat

Sebagaimana firman Allah SWT  “Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah penyakitnya oleh Allah…” (QS. Al-Baqarah: 10)

Qatadah, Mujahid, dan lain-lain menafsirkan ,” dihatinya ada penyakit, yaitu syakk (keragu-raguan).”

fitnah syubhat merupakan fitnah kesesatan, maksiat, bid’ah, kezhaliman, kebodohan, keyakinan, pemikiran, pemahaman yang sesat, aliran-aliran yang sesat, dan yang lain-lainnya.

2. Fitnah Syahwat

  • Melihat kepada perkara-perkara yang haram dilihat, sering memandang perempuan, membaca majalah     porno, melihat gambar-gambar yang membuka aurat, menonton film cabul, menonton TV, sinetron, dan lain-lain.              Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “ dan zinanya kedua mata adalah memandang” menjaga pandangan dan kemaluan termasuk dalam tazkiyatun nufus.
  • Ikhtilaath ( campur antara laki-laki dan perempuan), khalwat ( berduaan laki-laki dan perempuan), pacaran, mabuk asmara, dan sebagainya
  • Bersentuhan antara laki-laki dan perempuan, atau berjabat tangan antara laki-laki dan perempuan dan perempuan yang bukan mahram, dan sebagainya.
  • Zina, kumpul kebo, nikah mut’ah, dan sebagainya.  (nikah mut’ah sama dengan zina)
  • Homosex dan sodomi yang merupakan perbuatan kaum luth.
  • Onani dan masturbasi.

demikianlah dua fitnah yang menyebabkan hati sakit dan mati. saudara-saudaraku mari kita bersama-sama bersegara menjauhi 2 fitnah ini selagi hati kita masih dalam kategori hati yang sakit  karena jika hati telah mati harapan kita untuk kembali kejalan yang lurus sangatlah sulit.

sumber : buku berjudul Tazkiyatun Nufus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s