Berjiwa Entrepreneurship


Entrepreneur berasal dari kata entre yang artinya  sebuah usaha yang berani dan tidak takut dengan yang namanya resiko.  Sedangkan etrepreneurship adalah  orang yang berani dan tidak takut dengan resiko untuk membuka sebuah bisnis dan mencari setiap peluang yang ada didepannya.  Untuk menjadi seorang entrepreneur sangat sulit. Mereka harus memilki mental baja, tidak mudah putus asa dan selalu percaya bahwa setiap kesempatan yang diambil nantinya akan memilki hasil yang menguntungkan bagi dirinya baik secara finansial maupun knowladge.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang harus dimiliki seseorang agar bisa menjadi entrepreneurship atau memiliki  jiwa entrepreneur. Berikut hal-hal yang bisa dijadikan patokan untuk kita :

  1. Pengetahuan –> pengetahuan merupakan bagian mutlak yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi entrepreneur.  Tanpa pengetahuan sama saja artinya kita terjun kedalam sebuah medan perang tanpa senjata.
  2. Kemampuan –> maksud kemampuan disini, seseorang harus memiliki softskill dan hardskill  atau  Minimal anda punya softskill untuk terjun kedalam dunia perbisnisan.
  3. Pengalaman –> tidak ada seseorang yang baru mulai langsung menjadi entrepreneurship sejati. Seorang entrepreneur sejati dibentuk dan ditempa dari pengalaman yang luar biasa lama. Disanalah mereka berhasil menempa pengetahuan dan mental mereka.
  4. Jaringan –> koneksi sangat penting bagi seorang pemula yang ingin belajar menjadi seorang entrepreneur. Dengan memiliki koneksi yang banyak  akan memudahkannya untuk terus melangkah. Koneksi disini maksudnya adalah hubungan dengan orang-orang yang sudah terjun didunia entrepreneur lebih dulu ataupun orang-orang yang berkaitan dengan bisnis.
  5. Informasi –> without information,  you will always stay behind.  trust me!!
  6. Sumber yang ada –> contohnya uang, dukungan dari keluarga, lingkungan , dll.
  7. waktu –> tidak ada orang yang bisa menjadi entrepreneur sejati dalam semalam. butuh waktu yang lama bahkan bisa bertahun-tahun untuk mencapainya.
  8. Masa depan dan kesempatan –>  anda harus selalu berpikir kedepan artinya anda jangan pernah berpikir setiap yang anda lakukan hanya untuk hari ini atau besok saja. Railah setiap kesempatan yang anda temukan maka anda akan melihat the beauty of entrepreneurship.

Apa musuh utama dari entrepreneur ? jawabnya adalah PASRAH.  Pasrah sudah sangat membudaya dinegara kita.  Contohnya saja pegawai,   Mereka salah satu orang-orang  yang memiliki tipe safe player. Meraka takut untuk mengambil resiko dan hanya berani dengan hal-hal yang pasti sedangkan seorang entrepreneur akan selalu berhadapan dengan yang namanya ketidakpastian.  Mindset inilah yang selalu tertanam dipikiran rata-rata orang indonesia.  Pasrah kepada kehidupan mengikuti saja arus yang lewat dan tidak berani mengambil tindakan untuk mengubah hidup mereka. Jadi ubah mindset kita!!

Berikut mindset yang harus dimilki seorang entrepreneure:

  1. Anction oriented
  2. Berpikir simpel
  3. Selalu mencari peluang baru
  4. Mengejar peluang dengan disiplin
  5. Hanya mengambil peluang terbaik
  6. Fokus pada eksekusi
  7. Memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis

Jadi mari dari sekarang  ubah mindset kita. Jangan mau jadi boneka Jadilah player yang memainkan si boneka.  coba liat orang2 yang selalu jadi boneka  Mereka selalu terkungkung dan dikendalikan oleh bos-bos mereka. Bahkan untuk  menikmati waktu bersama keluarga saja mereka tidak mampu. Jadi tergantung kita apakah kita akan selamanya jadi  si boneka atau kita berani mengambil tindakan untuk menjadi sang player.

by habib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s