Sudahkah kita bersyukur saudaraku?


Sudahkah kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikannya?

Oksigen, kesehatan, kelengkapan anggota tubuh, kehidupan yang layak, dan masih banyak lagi yang kalau dihitung niscaya tidak akan pernah selesai menghitungnya, itulah nikmat Allah SWT yang diberikannya kepada kita manusia  yang sering lupa  bersyukur kepadanya atau jangan-jangan kita tidak tau yang diberikan itu adalah sebuah nikmat?

Setiap harinya Allah tidak henti-hentinya memberikan kita nikmat baik itu nikmat fisik maupun nikmat batin. Allah terus memberi kita nikmat terus-menerus walaupun kita jarang mensyukurinya. Bahkan dalam suatu kondisi kita justru menyalahkan, Sebagai contoh, kita diberikan sebuah kesusahan dan kesulitan dalam menjalani hidup. Sebagian kita mengeluh bahkan menghujat Allah, namun kita tidak tahu bahwa sebenarnya itu adalah nikmat, nikmat apa? Nikmat mendapat cobaan dari Allah, nikmat mendapat pengakuan dari Allah bahwa kita pantas disebut seorang hambanya yang bertakwa.

Saudaraku tahukah engkau bahwa Rasul kita muhammad SAW menangis tersedu-sedu karena malu kepada Allah karena dia merasa masih belum mampu mensyukuri nikmat Allah kepadanya? Inilah kisahnya…

Disuatu malam Aisyah terbangun dari tidurnya, dia mendapati Rasulullah meringkuk disudut ruangan dan menangis tersedu-sedu setelah Rasul   mengerjakan sholat malam yang biasa dikerjakannya. Aisyah bingung, ada apa gerangan  sehingga sampai membuat rasullullah menangis seperti itu. Kemudian Aisyah mendekati suaminya, “ya kakanda apa yang membuatmu begitu bersedih sehingga menangis seperti itu?”, tanyanya. “wahai istriku aku menangis karena aku merasa sampai detik ini aku belum  mampu mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepadaku, aku sangat malu,”  jawab Rasullullah. “kenapa kakanda malu bukankah kakanda senantiasa bersyukur kepada Allah?”

Inilah jawaban Rasullullah seorang yang sangat mulia, “wahai adinda bagaimana aku tidak malu                                   kepada Allah, setiap kali aku belum selesai mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepadaku sudah datang lagi nikmat yang baru .”

Subhanallah… Seharusnya kita malu, Rasullullah yang setiap detik mensyukuri nikmat Allah saja sampai seperti itu kenapa kita jarang mensyukurinya justru melupakannya?. Wahai saudaraku sungguh kita ini adalah mahluk-mahluk yang tidak tahu diri. Mulai sekarang marilah kita bersama-sama mensyukuri dan menelaah satu persatu nikmat Allah yang diberikannya kepada kita walaupun tidak semuanya mampu kita syukuri karena memang tidak ada manusia yang mampu mensyukuri semua nikmat Allah karena sangat banyaknya nikmat Allah yang tak terhingga kepada manusia.  Hanya ada satu cara yaitu berlomba-lombalah kita bertakwa dan mengerjakan setiap perintahnya dan semoga kita termasuk kedalam golongan orang yang dicintai Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s